X

Menambahkan Notasi Matematika di WordPress

Hari ini saya ingin mencoba memasukan notasi matematika / simbol matematika di wordpress, berbagai macam plugin yang berada di repository wordpress tidak memuaskan. Saya telah mencoba 4 plugin tetang notasi matematika di wordpress, semacam :

  1. Simple Mathjax
  2. Mathjax-Latex
  3. Latex, dsb

Plugin diatas merupakan plugin dengan desain latex, karena saya juga binggung menulis matematika apalagi dimasukan ke dalam latex menjadikan saya terus mencari plugin untuk menampilkan atau mengedit notasi matematika di wordpress. Pada akhirnya saya menggunakan plugin diluar repositri worpress yang bernama WIRIS.

Sungguh sangat baik sekali WIRIS membagikan plugin nya ke wordpress, eits.. tapi tidak hanya wordpress lho..Karena WIRIS banyak mendukung berbagai program bahasa mulai dari PHP hingga Ruby.

Tidak hanya itu, selain fungsi matematika, juga ada fungsi untuk kima lho. Singkat cerita, saya menggunakannya dan ternyata sangat mudah sepertihalnya menggunakan fitur equation di program office word pada umumnya. Sedikit tips, apabila ingin menulis banyak baris, sekalian saja di editor WIRIS nya karena akan otomatis berganti baris.

WIRIS editor ketika menulis notasi matematika di wordpress

Untuk konfigurasi WIRIS dapat anda lihat langkah-langkahnya melalui tautan berikut. Memang agak ribet karena harus mengatur di bagian folder-folder wordpress secara manual, tapi tidak masalah bila hasilnya memuaskan kan yaa..

Akhirnya, saya bisa menuliskan notasi matematika di wordpress lho, berikut tautan untuk contohnya.

NB : resikonya masih ada sedikit bug, ketika menulis mengganti baris akan otomatis kehapus, jadi harus cek manual dengan cara menonaktifkan plugin apabila tidak dipakai saat menulis artikel (diaktifkan hanya ketika menulis notasi saja) atau menambahkan syntax

<br>

Selamat Mencoba 😀

Rio Nurtantyana:

Lihat Komentar (2)

  • maaf mas, kalau boleh tahu,
    langkah langkahnya bagaimana agar plugin ini bisa jalan .
    saya sudah upload ke cpanel, tapi tidak jalan,
    terima kasih atas responnya.

    • Kemungkinan salah pada proses pemanggilan file, atau lokasi filenya coba dicek dahulu menggunakan inspect element di Chrome