Press "Enter" to skip to content

Mengubah Nomor Halaman Pada Citation / Kutipan di Mendeley

6

Saat menempuh studi strata-1 di Universitas Negeri Yogyakarta, skripsi yang saya buat menggunakan citation APA yang saya rubah sendiri sesuai dengan format yang telah ditentukan, seperti pada artikel yang telah saya buat sebelumnya. (lihat artikel tentang citation).

Pada tingkatan lanjutan ini, saya berkeinginan untuk membuat laporan penelitian ilmiah yang disesuaikan dengan format citation di institusi UNY. Akan tetapi, bila merujuk cara lama, maka akan terlalu lama dikarenakan setiap jurnal atau sumber yang saya peroleh hanya dapat dimasukan satu-satu kedalam file office word, apabila ingin berpindah file akan merepotkan.

Nah, setelah mencari tahu beberapa referensi, saya sekarang menggunakan aplikasi Mendeley buatan Elseiver. (link mendeley) Kenapa? Karena dengan menggunakan Mendeley ada fitur Mendeley Web Importer melalui website ketika kita melakukan pencarian sumber pustaka, tanpa input lalu, tinggal klik icon Mendeley yang ada di sisi kanan atas, lalu akan tersimpan secara otomatis di cloud. Seperti gambar dibawah ini.

Lanjut membahas mengubah nomor citation pada halaman yaa, untuk meletakan citation pada Office Word menggunakan Mendeley sangat mudah, secara otomatis ketika anda telah melakukan instalasi Mendeley Desktop maka akan ada menu Mendeley pada Reference di Office Word. Nah, apabila kita menggunakan format APA v.6 maka akan tampak seperti dibawah ini.

Yang mengganjal adalah ketika menambahkan halaman menjadi huruf ‘p’ yang artinya page. Padahal dalam penomoran halaman di institusi ini menggunakan format ‘:’ misalnya (2015: 10).

Bagi yang belum tahu, cara menggunakan Citation di Mendelay ke Office Word sebagai berikut langkahnya.

  1. Pilih Tab Reference di Word
  2. Pilih Insert or Edit Citation (yang bentuknya seperti logo Mendeley)
  3. Lalu cari nama penulis yang telah terimport di akun cloud mendeley anda
  4. Klik namanya, lalu klik sekali lagi sampai keluar inputan page
  5. Isi page nya, lalu klik OK

Lalu bagaimana mengubahnya? Tenangg, berikut cara mengubahnya,

# Pilih Style yang berada dekat dengan Insert Citation. Secara default style yang saya gunakan adalah APA v6. Lalu Klik More Style

# Maka akan tampil box aplikasi Mendeley, pilih tab Get More Style, masukan kata kunci Yogyakarta, lalu klik install pada list Universitas Negeri Yogyakarta – Program pascasarjana (Indonesian) , setelah itu klik Use this Style

# Anda akan kembali ke Office Word, lalu pilih menu seperti awal tadi yakni menu Styles , pilih Universitas Negeri Yogyakarta, dan lihat apa yang telah terjadi pada citation di Office Word anda.

# Secara otomatis Office Word bekerjasama dengan Mendeley akan merubah otomatis secara keseluruhan citation yang ada di file office anda. Berikut hasil akhirnya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan adanya aplikasi Mendeley, saya sangat terbantu karena tidak repot melakukan input data dan penerbitan citation di word. Semua serba otomatis kok. Simpel dan worth it lah yaa untuk mendukung penelitian.

Penelitian itu sudah ribet, jangan sampai ditambah ribet hanya untuk masalah pengorganisasian sumber pustaka. Oiya, anda juga dapat berpindah-pindah komputer maupun file denan mudah dan praktis. 😀

Selamat berkarya…

  1. desy rahayu desy rahayu

    saya menggunakan fitur insert citation di word, namun tidak ada pilihan more style di kolom style nya.. itu apa ya permasalahannya ?

    • Rio Nurtantyana Rio Nurtantyana

      Saya belum pernah menjumpai hal semacam ini

  2. Hamdan Hamdan

    Bagaimana cara menampilkan nomor halamannya di bodynote?, karena style APA yang saya gunakan tidak menampilkan nomor halaman sumber kutipan secara otomatis.

    • Rio Nurtantyana Rio Nurtantyana

      Untuk bodynote belum dapat saya jelaskan karena saya belum pernah menggunakan mekanisme bodynote

  3. BongBong BongBong

    makasih banyak atas bantuannya, semaleman ngubek akhirnya pas udh baca ini lngsng berhasil…
    sukses terus ya….

    • Rio Nurtantyana Rio Nurtantyana

      Terimakasih, semoga sukses juga untuk anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read previous post:
Laravel Valet .dev tidak bisa diakses

Sebelumnya saya menggunakan laravel valet dengan lancar dan nyaman. Untuk membuka situs lokal yang saya miliki tinggal menggunakan nama-folder.dev . Tetapi...

Close